Don't miss

Thursday, June 12, 2014

Sejarah Perkembangan Akademi Litigasi Indonesia


By on 11:46 AM

Beberapa Catatan Penting


  • Pada tahun 1986 H.J.R. Abubakar, SH sebagai pemerakasa mengajukan ide / gagasan perlunya mendirikan Akademi Litigasi.
  • Yayasan Triguna menampung gagasan ini serta mengadakan konsultasi dengan beberapa orang pakar / tokoh maupun instansi terkait khususnya dengan Departemen Kehakiman tentang layak tidaknya mendirikan Akademi dibidang Litigasi.
  • Ternyata gagasan ini mendapat sambutan dan dukungan positif dari Departemen Kehakiman karena sangat membutuhkan tenaga panitera yang professional.
  • Akademi Litigasi Indonesia Triguna (ALTRI) didirikan berdasarkan Akte Notaris No. 172 tahun 1956.
  • Dengan Surat Keputusan Badan Pengurus Yayasan Triguna No. : 309/BP/87, tanggal 9 Maret 1987 dibentuk Akademi Litigasi Indonesia Triguna disingkat ALTRI. 
  • Pada tahun 1991 “Penyelenggara” Akademi diserahkan oleh Yayasan TRIGUNA kepada Departemen Kehakiman Cq Yayasan PENGAYOMAN melalui suatu Naskah Kerjasama sehingga nama ALTRI yang pada waktu didirikan adalah singkatan dari nama “ AKADEMI LITIGASI TRIGUNA “ (ALTRI) diganti menjadi Akademi Litigasi Triguna “ (ALTRI) diganti menjadi Akademi Litigasi Indonesia.
Berikut Ini Sejarah Perkembangan ALTRI
  1. ALTRI adalah Akademi Litigasi “PERTAMA DAN SATU-SATUNYA DI INDONESIA “ yang mendidik para mahasiswa untuk menjadi Calon “PARA YURISTRA” yang setelah lulus dapat mengabdikan diri dalam urusan perkara dan hukum pada umumnya.
  2. Akademi Litigasi Indonesia (ALTRI PENGAYOMAN) merupakan Lembaga Pendidikan Tiggi Litigasi Program D III Hukum yang dikelola oleh Yayasan Pengayoman Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia.
  3. Program Pendidikan D III Hukum ALTRI Pengayoman ditujukan kepada lapangan pekerjaan sebagai berikut
  4. Hingga Wisuda yang ke 17 sekarang, ALTRI telah menghasilkan sebanyak 1203 orang lulusan ALTRI dan pada umumnya lulusan ALTRI sambil bekerja meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu Starata I (SI) dan malahan sudah banyak pula diantara mereka yang sudah mencapai Starata II (SII) dan menduduki jabatan-jabatan penting dibeberapa Pengadilan.
  5. Mahasiswa ALTRI PENGAYOMAN berasal dari  lulusan SMU atau yang sederajat dari berbagai macam daerah dari seluruh Indonesia, ada dari Papua, Ambon, NTT, NTB, Sulawesi, Kalimantan, Sumatra, Jawa dll.
  6. Dosen/Staf Pengajar inti adalah para ahli yang sudah berpengalaman disamping kaderisasi dosen yang muda-muda terutama abituren ALTRI yang sudah bergelar SII, antara lain beberapa Guru Besar dan tenaga ahli/praktisi hukum yang pernah memberikan kuliah adalah :
  7. Dalam tahun ajaran 2006-2007 ini jumlah mahasiswa yang diwisuda adalah sebanyak 50 orang dan diantaranya 3 orang lulusan dengan nilai terbaik IPK 3,67 mahasiswi berasal dari Magetan.
  8. ALTRI juga memberikan Beasiswa kepada Mahasiswa yang berprestasi Tinggi dan tingkat ekonomi lemah, yang diperoleh dari bantuan Kopertis yaitu Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA), Bantuan Khusus Mahasiswa (BKM).
  9. Mahkamah Agung telah mengeluarkan Surat Edaran kepada Pengadilan Tinggi seluruh Indonesia dengan surat tanggal 26 Desember 2006 No.: Up.I/952/2006 tentang penerimaan PNS untuk bidang Administrasi dengan syarat lulus D III ALTRI dengan golongan II C PNS.
  10. Kedepan ALTRI PENGAYOMAN akan membenahi diri dengan menyesuaikan perkembangan ilmu dan kebutuhan masyarakat, bangsa dan Negara dalam reformasi hukum terutama dalam pengembangan etika untuk bekal para mahasiswa ALTRI yang siap terjun ke masyarakat.
  11. Mulai tahun Akademik 2008/2009 ini mengaktifkan kembali jurusan Bantuan Hukum, yang dirasakan sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya bagi golongan menengah kebawah.   
  12. Pada tanggal 3 September 1991 berdasarkan Akte Notaris Yudo Paripurno, SH No. 19 tahun 1991 terjadi perubahan yang mendasar yakni Penyerahan Hak pengelolaan dari Yayasan Triguna tanggal 22 Juni 1981 kepada Yayasan Pengayoman Warga Departemen Kehakiman dengan disingkat ALTRI Pengayoman, sehingga lengkapnya berbunyi sebagai berikut : Akademi Litigasi Indonesia  (ALTRI)  Pengayoman. Source

About Dwipraja Kumara Zuma

Dwipraja Kumara Zuma biasa dipanggil Bam adalah seorang sarjana hukum yang saat ini masih tertunda dan semoga apa yang dicita-citakan beliau kesampaian.

0 comments:

Post a Comment